Forum TFG, Guru Terus Dorong Siswa Menggali Informasi

Jakarta (wartajateng.id) – Bertepatan dengan hari guru nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November, Tanoto Foundation menyelenggarakan Tanoto Facilitator Gathering (TFG) 2020.

Acara tersebut didedikasikan untuk fasilitator Tanoto Foundation yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 19, dan 24-25 November. Sebanyak 1.000 guru, kepala sekolah, pengawas dan dosen hadir secara virtual.

Di hari kedua ini Tanoto Foundation menghadirkan narasumber CEO General Electric, Dr. Handry Satriago. Kemudian Ketua Dewan TIK Nasional, Dr. Ir. Ing. Ilham A. Habibie, dan dipandu oleh Margaretha Ari Widowati, Direktur Program PINTAR Tanoto Foundation, Rabu, (25/11/2020).

BACA JUGA  Kades-Kades Kabupaten Tanah Bumbu Studi Banding di Jateng dan Sowan ke Ganjar

Selain itu, hadir secara virtual, Dirjen GTK Kemendikbud, Dr. Iwan Syahril Ph.D, dan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof.Dr. M. Ali Ramdhani.

Narasumber pertama, Handry Satriago, CEO General Electric Indonesia mengatakan, kecintaannya terhadap dunia pendidikan membuatnya terus memberikan motivasi kepada para guru di Indonesia.

“Guru yang baik adalah guru yang bisa membuat siswanya bertanya. Jangan pernah lelah untuk belajar. Great leader adalah orang yang terus belajar. Never stop learning,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Handry mengatakan bahwa belajar bisa dari mana saja, bisa dari alam, teman, sahabat.

BACA JUGA  Gudang Penyimpanan Tiner di Kelurahan Salaman Mloyo Terbakar

Handry menambahkan, guru jangan pernah berhenti untuk terus berinovasi, karena hal tersebut akan berimbas dengan cara mengajarnya di depan siswa.

“Karena guru yang baik tersebut mampu mendorong siswa untuk terus bertanya dan menggali suatu informasi,” katanya.

Lanjutnya, Hendry menekankan perlunya guru memiliki perubahan mindset. Kuncinya adalah proses pembelajaran, menurutnya, kita boleh gagal, tetapi harus punya mindset bahwa ini proses pembelajaran.

Pria yang diangkat menjadi CEO umur 40 tahun tersebut mengatakan bahwa guru yang baik adalah guru yang bisa membuat siswanya bertanya-tanya.

BACA JUGA  Dinkes Demak Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Cerdas Gunakan Obat

“Buatlah siswa bertanya-tanya sama gurunya, ko bisa seperti ini, bagaimana terjadinya proses itu. Jadikan mereka memiliki keinginan untuk terus menggali informasi,” katanya. (Majid-02)

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: