Jemput Bola, Dinkominfo Demak Buka Stan SP4N Lapor di Desa

Dinkominfo Demak membuka stan SP4N Lapor di depan Balai Desa Banteng Mati, Kecamatan Mijen, Selasa (1/12/20). (Foto: Dok Dinkominfo)

Demak (wartajateng.id) – Dinas Kominfo Demak melakukan jemput bola untuk menampung pengaduan warga tentang pelayanan publik. Langkah itu dilakukan dengan membuka stan SP4N Lapor di depan Balai Desa Banteng Mati, Kecamatan Mijen, Selasa (1/12/20).

Kegiatan itu sekaligus menjadi sarana edukasi bagi warga tentang tata cara penyampaian pengaduan melalui saluran yang tepat.

Seperti dilansir Dinkominfo Demak, saat stan mulai ditata, beberapa warga dan aparat desa mendatangi lokasi dan menanyakan ada kegiatan apa. Mereka penasaran dan mengira akan diadakan pameran.

BACA JUGA  Pasca Banjir Dinar Indah, Puskesmas Rowosari Siapkan Posko Kesehatan

Koordinator lapangan Rudi lantas menjelaskan maksud kegiatan Dinkominfo.

“Monggo bapak ibu, ini stan SP4N Lapor, panjenengan dapat menyampaikan keluhan ataupun permasalahan saat mengurus administrasi. Juga bisa menyampaikan keluhan tentang fasilitas umum yang rusak atau akan melaporkan kondisinya saat ini,’’ jelas Rudi.

Admin SP4N Lapor Bagus Tri Anggoro menambahkan, ada empat saluran pelaporan yakni dengan SMS ketik “HALLO DEMAK” kirim ke nomor 1708, mendaftar melalui website hallodemak.lapor.go.id, menggunakan aplikasi SP4N Lapor yang diunduh di Playstore/Appstore, dan melalui Facebook atau Twitter.

BACA JUGA  Syarat Punya NIK Karanganyar, Pedagang Diperbolehkan Berjualan di Taman Pancasila dan Alun-alun

Pada kesempatan tersebut ada empat pengaduan warga dan aparat desa. Salah satunya dari Sulaiman, warga Banteng Mati RT 03/RW 01, yang mengeluhkan kelangkaan pupuk pada masa musim tanam, terutama pupuk bersubsidi. Pengguna Kartu Tani itu heran karena kuota pupuk hanya bisa ditebus 30%.

Kepala Dinkominfo Endah Cahyarini mengatakan, Pemkab Demak baru saja menerima penghargaan kategori Instansi Pemerintah Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik yang menggunakan aplikasi SP4N Lapor. Selain itu memenangi kompetisi Top 45 inovasi pelayanan publik melalui program Cengkraman Mata Elang (CME).

BACA JUGA  PT Pos Optimalkan Layanan Posgiro Mobile

“Karena itu Dinas Kominfo melalui tim yang ditugaskan terjun ke lapangan terus menjaring laporan, informasi, maupun saran dari warga demi perubahan pelayanan publik yang lebih baik di Kabupaten Demak,’’ jelas Endah. (Adv-03)

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: