Kisah Sarjana Pendidikan yang Pilih Usaha Rental Alat Camping

Penampakan beberapa peralatan alat camping yang ada di Sahabat Alambara Advanture milik Ayik. (Foto: Zaidi)

Demak (wartajateng.id) – Menganggur tujuh bulan setelah menyandang gelar sarjana pendidikan menjadi beban tersendiri bagi pemuda yang memiliki nama lengkap Mohammad Sholahudin Al Ayyubi, terlebih dengan usianya yang menginjak ke 23.

Beberapa lamaran juga pernah ia layangkan, tapi tak kunjung mendapat panggilan. Pada akhirnya ia pun memutuskan menggantung impiannya dan memutuskan berwirausaha.

“Saya memutuskan untuk wirausaha, bermula dari uang Rp 100 ribu rupiah yang saya belikan pengharum ruangan kopi,” ujarnya.

Namun lantaran tak sesuai ekspektasi, pemuda yang memiliki panggilan akrab Ayik ini berhenti di tengah jalan.

“Setelah satu minggu memeras otak muncullah pandangan untuk membuka persewaan alat outdoor atau camping,” katanya.

Ide itu justru muncul dari salah satu hobinya yang suka naik gunung, bekerja sambil melanggengkan hobi baginya kenapa tidak.

“Zaman mahasiswa, hobi saya selain organisasi itu ada tiga, muncak, mancing, dan bermain PS, meski mancing tidak pernah dapat ikan dan PS kalahan, tapi saya suka,” imbuhnya sembari tertawa.

Usaha penyewaan alat camping, lanjut Ayik, bermula dari uang pinjaman kayaknya yang hanya cukup untuk 1 paket peralatan outdoor,

“Alhamdulillah, sekarang memiliki 8 paket peralatan outdoor, ngumpulin sedikit demi sedikit,”

Namun Ayik tak menampik, pencapaian omset jutaan dari usaha yang ia ditekan satu tahun lalu, tak lepas dari doa orang tua, komunitas pendaki Demak serta dari para mentor yang terus mendorongnya untuk berkembang.

Selain itu, Ayik juga membagikan sedikit perjuangan awal usahanya. Pada awal membuka, hanya menghasilkan Rp 150 ribu rupiah setiap minggu.

Pelbagai cobaan pun sempat ia lalui seperti kerusakan alat dari pelanggan dan awal pandemi Covid-19, persewaan alat rentalnya tak laku akibat beberapa tempat wisata ditutup, utamanya gunung.

“Alhamdulillah saat ini mulai normal kembali,” ucapnya bersyukur.

Ketika ditanya banyak pesaing, Ayik sendiri mengaku tak takut, lantaran ia berusaha maksimal untuk memuaskan pelanggan, baik pelayanan maupun penyediaan alat-alat outdoor dengan merk terkenal.

Sesuai peralatan yang ia sewakan, usahanya pun ia namai Sahabat Alambara Advanture yang berlokasi di Perumahan Praja, Kabupaten Demak.

Ayik menambahkan, pada tahun 2021 nanti, ia pun berencana menambah peralatan lagi. Hal itu menurutnya perlu lantaran masih ada pelanggan yang tak kebagian alat ketika akhir pekan.

“Kasihan kalau kehabisan, hari libur dan minggu bisanya ramai,” tandasnya. (Zaidi-01).

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: