28/11/2022

wartajateng.id – Demi meningkatkan pelayanan publik, instansi pemerintah terus membenahi dan memberikan pelatihan-pelatihan terkait kemampuan diri yang dibutuhkan, seperti kemampuan public speaking untuk staf humas pemerintah.

Hal yang sama dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Rapat Koordinasi Kehumasan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap yang digelar pada Selasa (8/2/2022) di Ruang Rapat Jalabhumi Pendopo Kabupaten Cilacap. Dalam Rakor yang bertema Kompetensi Humas Pemerintah untuk Mewujudkan Exellent Public Relation, peserta rakor mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi humas terutama dalam bidang public speaking.

“Tujuannya agar dapat meningkatkan kompetensi sumberdaya kehumasan yang bisa menunjang pelaksanaan tugas sehari hari di instansi masing – masing. Selain itu, agar kita bisa memberikan informasi dan berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat sehingga bisa memberikan pelayanan yang prima,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Sherly Dyah Permanasari.

Berlaku sebagai narasumber, Sherly memberikan informasi mengenai kemampuan komunikasi apa saja yang perlu dikuasai oleh humas pemerintah. kemampuan tersebut diantaranya adalah mampu menguasai komunikasi lisan maupun tulisan.

“Komunikasi tulisan itu seperti mampu membuat press release untuk media dan masyarakat, sementara untuk lisan yaitu mampu berbicara di depan umum seperti melakukan presentasi hingga wawancara,” tambahnya.

Sementara itu, memberikan materi mengenai Powerful Public Speaking, Widayanto Bintang seorang trainer dan pengusaha menitikberatkan pada peningkatan kepercayaan diri saat berbicara di depan public.

“Satu peluru hanya bisa menembus satu benda, tapi satu kata bisa menembus jutaan orang. Inilah pentingnya berbicara dengan percaya diri. Karena kalimat yang keluar dari kita, bisa jadi memberikan dampak luar biasa untuk orang lain,” jelasnya.

Untuk tantangan agar sukses dalam public speaking menurut Widayanto adalah kita harus mampu menghadapi rasa takut, mampu menyusun materi yang sistematis dan powerful.

“Kita harus bisa mengendalikan rasa takut kita saat kita berbicara di depan audience, materi yang kita buat harus sistematis dan terstruktur, tidak ngalor ngidul. Yang terakhir itu powerful, yaitu mampu menyampaikan materi dengan jelas sehingga memberikan dampak kepada audience,” kata Widayanto menambahkan.

Rakor Koordinasi Kehumasan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap diikuti oleh staf kehumasan di Kecamatan dan OPD di Kabupaten Cilacap. Tujuannya agar instansi pemerintah dapat memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga masyarakat merasa puas dan meningkatkan kredibilitas pelayanan publik di Kabupaten Cilacap.

 

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *