Mahasiswa KKN-DR Gelar Lomba Bersama TPQ

Kelompok 22 KKN RDR ke-75 UIN Walisongo Semarang bersama guru dan santri TPQ “Bismika Mamba’il Bahjah” Welahan saat semarakkan Hari Santri Nasional 2020, Kamis (22/10/2020). (Foto : ist)

Jepara (wartajateng.id) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) reguler angkatan ke 75 UIN Walisongo Semarang kelompok 22 adakan lomba di TPQ “Bismika Mamba’il Bahjah” Welahan, Kecamatan, Welahan, Kabupaten Jepara, Kamis (22/10/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020. Peringatan hari santri ini merujuk pada “Revolusi Jihad” yang digagas oleh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy’ari, yang berisi fatwa kewajiban berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun ini, Hari Santri Nasional diperingati di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, tema yang diusung pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020 yakni “Santri Sehat, Indonesia Kuat”.

Sejumlah perlombaan digelar untuk kalangan anak-anak TPQ “Bismika Mamba’il Bahjah” Welahan, diantaranya lomba adzan, iqomah, hafalan doa sehari-hari, lomba mewarnai, dan lomba cerdas cermat.

Pengurus TPQ “Bismika Mamba’il Bahjah” Welahan KH Sathori (34) mengatakan, acara tersebut menjadi kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh tim KKN UIN Walisongo Semarang diharapkan kegiatan semacam itu akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada tim KKN UIN Walisongo Semarang atas terselenggaranya kegiatan ini.” tuturnya.

Para santri TPQ sangat senang dan ceria dalam mengikuti lomba. Mereka pun sangat bersemangat mengikuti rangkaian lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2020 ini.

“Saya juga bersyukur karena lomba-lomba yang digelar sangat bermanfaat dan mengedukasi anak-anak. Anak-anak senang, kalian senang, kita semua senang. Semoga kegiatan positif seperti ini bisa terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya” imbuh KH Sathori.

Lomba Hari Santri tersebut diselenggarakan untuk menambah semangat para santri dalam menuntut ilmu, terkhusus ilmu-ilmu pengetahuan Islam. Kegiatan pun mendapat respon positif dari para santri TPQ, meskipun kegiatan dilakukan di tengah Pandemi Covid-19.

“Walaupun acara ini digelar saat pandemi, namun tidak melunturkan semangat para santri. Acara ini disambut hangat dan meriah oleh para santri. Keceriaan dan antusias para santri inilah yang membuat kami selaku panitia lebih semangat lagi dalam menyemarakkan kegiatan hari santri in,” ungkap Azmi Ali (21), Koordinator Kelompok 22 KKN-DR UIN Walisongo Semarang. (Nizar-02)

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: