28/11/2022

Wartajateng.id –  Pengembangan durian Musangking dinilai memiliki potensi yang luar biasa bagi petani di Kabupaten Kudus, khususnya di Desa Rejosari, Dawe. Karenanya, pemerintah kabupaten setempat mendorong budidaya durian jenis tersebut.

 

Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan, durian jenis Musangking merupakan bibit unggul dari Malaysia yang digemari masyarakat. Untuk itu, bupati berharap, durian jenis Musangking dapat dibudidayakan dan dikembangkan di Kudus. Dia mendorong petani lokal agar menimba ilmu dari petani durian Musangking yang berpengalaman.

 

“Silakan untuk studi banding ke Malaysia atau ke wilayah Indonesia lainnya yang berhasil mengembangkan durian Musangking. Kalau tidak, ya ahlinya didatangkan ke sini,” jelas bupati, saat menanam durian Musangking secara simbolis, di Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, pada hari Selasa 21 Desember 2021 kemarin.

Menurutnya, jika pengembangan durian tersebut berhasil, pihaknya optimistis petani durian di Desa Rejosari akan sejahtera. Tak hanya durian, Hartopo mengajak petani buah-buahan lainnya juga gencar mengembangkan potensinya. Sehingga, lahan pertanian dapat dimanfaatkan secara optimal dan berdampak positif bagi para petani.

“Para petani harus semangat dan aktif mengembangkan lahan pertaniannya. Pemkab Kudus melalui Dinas Pertanian dan Pangan akan membantu. Biar petani sejahtera dan bermanfaat untuk mitigasi bencana,” paparnya.

Untuk menghindari jatuhnya harga jual hasil produksi pertanian, bupati meminta para petani untuk tidak melakukan sistem ijon. Dinas Pertanian dan Pangan punya resi gudang untuk menyimpan hasil produksi tani dan memberikan jaminan bagi petani yang membutuhkan. Sehingga, diharapkan resi gudang tersebut dapat mendistribusikan hasil produksi secara merata.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan 200 batang bibit durian Musangking kepada Gapoktan Sarirejo Desa Rejosari, 1.200 batang bibit jambu air kepada Gapoktan Tri Harapan Jaya Desa Menawan, serta 1.100 batang bibit kelengkeng kepada Poktan Ganesha Desa Purwosari.

Selain itu, juga diserahkan bantuan satu unit sumur dangkal kepada Poktan Hasil Makmur Desa Gondangmanis, dan satu unit cultivator kepada Gapoktan Gemati Desa Kandangmas.

Berbagi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *