Cara Menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup Beserta Contoh

Aditya Rahmat

Cara Menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup Beserta Contoh
 

Wartajateng.id – Cara menggunakan rumus Hlookup dan Vlookup pada biasanya digunakan untuk proses pemindahan suatu data pada tabel yang lainnya menggunakan kata kunci tertentu. Dengan melalui rumus Excel inilah maka Kamu dapat memindahkan data yang bervariasi.

Contohnya seperti gaji, nilai siswa, umur maupun tunjangan secara cepat. Intinya kedua rumus tersebut sama saja hanya saja perbedaannya yaitu mencari data dari tabel secara vertikal untuk Vlookup. Sementara rumus Hlookup digunakan untuk mencari data dari tabel horizontal.

Perbedaan tersebutlah yang membuat kamu harus memahaminya dengan baik dan benar supaya tidak salah saat mengerjakan data yang ada di excel. Hal ini pun banyak membuat para penggunanya yang masih pemula merasa bingung dalam menggunakannya dan sering kali salah dalam membedakannya.

Tujuan/Penggunaan Rumus Hlookup Dan Vlookup

Review Rumus Hlookup Dan Vlookup

Membuat LookUp foundation bertujuan supaya bisa melihat data secara vertikal maupun horizontal. Hal ini berbeda dengan rumus Vlookup yang bisa mencocokkan data teks atau numerik.

Sementara rumus Vlookup dan Hlookup secara khusus digunakan untuk mencocokkan data numerik. Kamu harus mengetahui kedua rumus tersebut dengan sebaik mungkin agar tidak kebalik saat menggunakannya.

Rumus Vlookup merupakan =vlookup(kolom acuan,tabel acuan,kolom,0). Kegunaan dari vlookup dan Hlookup ini sangatlah penting bagi Kamu yang ingin memperoleh data sesuai yang diinginkan dari sel range berdasarkan dari nilai patokan pencarian Kamu.

Sedangkan Vlookup ini nantinya akan memberikan data sesuai yang Kamu cari dari cell range yang sudah dispesifikasikan. Kamu dapat menggunakan Vlookup dan Hlookup ini untuk mempercepat pekerjaan.

Baca juga  Kumpulan Rumus Excel Lengkap (SUM, VLOOKUP, MAX, MIN, dll)

Sebenarnya cara menggunakan rumus Hlookup dan Vlookup dilakukan dengan cara menginput penulisan rumus Vlookup dan Hlookup. Keduanya memang cukup mirip, namun ada juga beberapa perbedaan yang membuat para penggunanya terkadang salah dalam memasukkan data.

Untuk itu perhatikan informasi dengan sebaik mungkin agar tidak salah dalam memasukkan rumus. Beberapa versi Microsoft Excel untuk pemisah koma bisa diganti dengan menggunakan (;). Berikut ini unsur-unsur rumus Excel Vlookup beda sheet seperti berikut ini:

  • Kolom acuan: untuk kolom acuan ini berupa data teks maupun angka yang hendak dicari.
  • Tabel acuan : tabel sumber data yang ingin dipindahkan pada kolom acuan.
  • Kolom urutan: di dalam kolom data terdapat tabel acuan yang berupa angka nol rumus. Dengan begitu maka nilai yang dipindahkan bersifat absolut.

Cara Menggunakan Rumus Hlookup Dan Vlookup

Cara menggunakan rumus Hlookup dan Vlookup ini hampir sama seperti rumus vlookup yang mana Hlookup mempunyai unsur rumus berupa kolom acuan kolom dan angka nol dan juga tabel acuan. Sehingga data yang dimasukkan harus dari atas.

Jika Kamu ingin melanjutkan rumus maka bisa blok tabel acuan, bisa juga menulis sesuai sheet. Setelah itu tinggal tekan tombol F4 sampai muncul huruf (S) di dalam rumus.

Bagikan:

Tags

Aditya Rahmat

Saya suka banget menulis tentang dunia teknologi mulai dari aplikasi, game serta tips dan trik. Karena menulis teknologi adalah hobiku dari kecil.

Leave a Comment