Kumpulan Rumus Excel Lengkap (SUM, VLOOKUP, MAX, MIN, dll)

Aditya Rahmat

Kumpulan Rumus Excel Lengkap SUM, VLOOKUP, MAX, MIN dll
 

Wartajateng.id – Rumus Excel lengkap harus dikuasai oleh setiap para penggunanya yang bisa membantu setiap pekerjaan terutama dalam hitung menghitung tidak. Mengherankan apabila banyak lowongan pekerjaan yang memberikan syarat kandidat harus menguasai Microsoft Excel.

Contohnya seperti akuntan maupun data analyst. Sebab itulah, bagi kamu yang belum terlalu paham banget mengenai rumus excel, maka harus mempelajarinya satu persatu agar lebih paham dengan rumus excel.

Sebenarnya memahami rumus excel tidaklah terlalu sulit, asalkan Kamu mengetahuinya dengan cara yang benar dan menggunakan teknik yang cepat ingat.

Apa Itu Rumus Excel

Rumus Excel merupakan cara yang digunakan untuk menjalankan perintah pada Microsoft Excel. Untuk setiap rumus harus diawali dengan tanda sama dengan (=). Sebenarnya terdapat dua jenis rumus yang ada di Excel yaitu function dan formula.

Untuk keduanya memang seringkali membuat penggunanya merasa bingung. Padahal keduanya mempunyai arti yang perbeda. Function itu sendiri adalah template rumus yang sudah tersedia oleh Excel. Misalnya seperti average dan sum.

Sementara formula merupakan rumus Excel lengkap yang harus diketik secara manual setiap penggunanya. Sebenarnya keduanya sama-sama penting untuk dipahami karena formula dapat digunakan untuk melakukan perhitungan yang sederhana.

Daftar Rumus Excel Lengkap Yang Harus Diketahui

Rumus yang ada di Microsoft Excel ini mempunyai sifat yang cukup mendasar. Sebagai orang yang menjalankan tugas dalam bidang akuntansi wajib memahami rumus Excel yang akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini, di antaranya:

Baca juga  Rumus SUMIFS Excel : Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan

1. Rumus Sum

Rumus Sum

Rumus yang pertama ini digunakan untuk menjumlahkan angka yang terdapat pada sel-sel tertentu. Misalnya Kamu akan menjumlahkan angka yang ada dari sel A2 hingga A6 otomatis sum yang Kamu butuhkan yaitu=SUM(A2:A6).

2. Count

Count

Rumus ini mempunyai fungsi untuk melakukan perhitungan pada jumlah sel yang berisikan angka. Contohnya untuk file angka A1 hingga I1. Untuk A1 hingga 1 ini berisi angka untuk itu apabila Kamu ingin menghitung menggunakan rumus ini maka Kamu tinggal mengetik=COUNT(A1:I1).

3. Counta

Counta

Untuk rumus yang ketiga ini pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama seperti rumus yang kedua yaitu count. Sementara ini tidak hanya digunakan untuk menghitung dari jumlah sel yang berisikan angka saja.

Dengan begitu maka Kamu dapat mengetahui jumlah sel yang tidak kosong. Misalnya untuk sel A1 sampai D1 dengan kata, sementara sel A1 sampai D1 berisi angka sehingga untuk perhitungannya menggunakan rumus =COUNTA(A1:I1).

Bagikan:

Tags

Aditya Rahmat

Saya suka banget menulis tentang dunia teknologi mulai dari aplikasi, game serta tips dan trik. Karena menulis teknologi adalah hobiku dari kecil.

Leave a Comment